Sunday, August 24, 2014

Mengenal Sertifikasi CISA (Certified Information Systems Auditor)

Sejak tahun 1978, program CISA telah menjadi standar prestasi yang diterima secara global  antara sistem informasi (IS) audit, kontrol dan profesional keamanan. 
Memiliki CISA menunjukkan kemampuan dan merupakan dasar untuk pengukuran dalam profesi. Dengan meningkatnya permintaan untuk individu yang memiliki IS audit, kontrol dan keterampilan keamanan, CISA menjadi program sertifikasi disukai oleh individu dan organisasi di seluruh dunia.
Pengakuan di seluruh dunia
Meskipun sertifikasi mungkin tidak wajib bagi Anda saat ini, semakin banyak organisasi yang merekomendasikan bahwa karyawan menjadi bersertifikat. Untuk membantu memastikan keberhasilan di pasar global, sangat penting untuk memilih program sertifikasi berdasarkan praktek-praktek teknis yang diterima secara universal.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikasi ini?
1. Mendaftar untuk mengikuti ujian                                                                                                
 Ujian CISA ditawarkan dua kali setahun setiap tahunnya selama bulan Juni dan Desember, biaya ujian sekitar $400 sd $600.
2. Persiapan mengikuti ujian, anda bisa mempersiapkan bahan ujian dengan mengikuti Review Course CISA yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga di Indonesia. adapun materi sebagai bahan persiapan ujian adalah :
  • IS Audit Process
  • IT Governance
  • System and Infrastructure Life Cycle
  • IT Service Delivery and Support
  • Protection of Information Assets
  • Bussiness Continuity Plan
3. Mengikuti Ujian                                                                                                                                          Untuk lokasi ujian di Indonesia dilaksanakan di JIS Kelapa Gading
4. Syarat Kelulusan 
ISACA menggunakan dan laporan nilai pada skala umum 200-800. Sebagai contoh, skor skala dari 800 mewakili nilai sempurna dengan semua pertanyaan dijawab dengan benar; skor skala dari 200 adalah skor terendah mungkin dan menandakan bahwa hanya sejumlah kecil pertanyaan yang dijawab dengan benar. Calon harus menerima skor 450 atau lebih tinggi untuk lulus ujian.Sebuah skor 450 merupakan standar yang konsisten minimal pengetahuan sebagaimana ditetapkan oleh ISACA CISA Komite Sertifikasi itu. Seorang kandidat menerima nilai kelulusan kemudian dapat mengajukan permohonan sertifikasi jika semua persyaratan lain terpenuhi.

0 comments:

Post a Comment