Sunday, August 10, 2014

Derivative Market

1.         Apa yang dimaksud dengan pasar derivative (Derivative Market) ?
Jawab :
      Instrumen turunan efek yang dibentuk berdasarkan suatu jaminan asset efek         tertentu / underlying asset yang diperdagangkan di pasar modal. Derivatif :       perjanjian dua pihak yang berkontra untuk melakukan tindakan perdagangan         efek tertentu

2.         Sebutkan jenis-jenis kontrak yang ada dalam pasar derivative ?
Jawab :
      1. Derivatif yang ditransasikan di luar bursa, 2. Derivatif yang diperdagangkan di bursa

3.         Apa yang dimaksud dengan over the counter transaction?
Jawab :
            Derivatif yang ditransasikan di luar bursa
atau dikenal juga dengan istilah "(Over-the-counter (OTC) derivatives) adalah merupakan suatu kontrak bilateral ( melibatkan dua pihak) yang dilakukan di luar bursa ataupun tanpa menggunakan pialang (transaksi langsung antara para pihak). Beberapa produk seperti swap, kontrak serah nilai tukar, dan opsi eksotik(exotic option) yaitu suatu derivatif yang menggunakan fitur sehingga menjadi lebih rumit daripada derivatif yang umum diperdagangkan, misalnya opsi vanila[4] ) seringkali diperdagangkan tanpa melalui bursa (OTC).

4.         Salah satu fungsi pasar derivative adalah hedging. Apa yang dimaksud dengan hedging ?
Jawab : 
           Hedging merupakan salah satu pengelolaan resiko untuk mengurangi kemungkinan-                              kemungkinan kerugian karena kurs, suku bunga, harga saham, dan komoditas.

5.         Apa yang dimaksud dengan Call dan Put ? Jelaskan perbedaan Antara keduannya.
Jawab : 
Opsi beli, atau yang lebih dikenal dengan istilah call option, adalah suatu hak untuk membeli sebuah asset pada harga kesepakatan (strike price) dan dalam jangka waktu tertentu yang disepakati—baik pada akhir masa jatuh tempo ataupun di antara tenggang waktu masa sebelum jatuh tempo. Pada opsi beli ini terdapat 2 pihak yang disebut :
·         Pembeli opsi beli atau biasa disebut call option buyer atau juga long call
·         Penjual opsi beli atau biasa juga disebut call option seller atau juga short call

Opsi jual, atau yang lebih dikenal dengan istilah put option, adalah suatu hak untuk menjual sebuah asset pada harga kesepakatan (strike price) dan dalam jangka waktu tertentu yang disepakati—baik pada akhir masa jatuh tempo ataupun di antara tenggang waktu masa sebelum jatuh tempo. Pada opsi jual ini juga terdapat 2 pihak yang disebut :
·         Pembeli opsi jual atau biasa disebut put option buyer atau juga long put
·         Penjual opsi jual atau biasa juga disebut put option seller atau juga short put
Instrumen ini disebut opsi oleh karena perjanjian ini memberikan "hak" kepada pemegang opsi untuk menentukan apakah akan melaksanakan atau tidak (atau biasa disebut exercise) opsi yang dipegangnya, yaitu hak membeli (pada opsi beli) atau hak menjual (pada opsi jual)dan pihak yang menjual opsi atau yang biasa disebut "penerbit opsi" "wajib" untuk memenuhi hak opsi dari pemegang opsi tersebut sesuai dengan ketentuan yang disepakati.


0 comments:

Post a Comment