Monday, May 13, 2013

Menangani Error pada XAMPP


Menangani error pada XAMPP “port 80 or 443 (SSL) already use! Installing Apache 2.2 service failed!”
Pasti anda pernah mengalami error pada xampp dan muncul pesan ini “port 80 or 443 (SSL) already use! Installing Apache 2.2 service failed!”
Anda panik? Jangan! Pasti awalnya anda bingung kenapa apache 2.2 nya tidak bisa running, dan port 80 or 443 (SSL)-nya telah digunakan.
Hal tersebut mungkin terjadi jika anda sudah meng-install sql terlebih dahulu, sehingga port tersebut sudah dijadikan localhost pada report SqlServer.
(pengalaman pribadi jadi gak tau kalo diisi program lain :D)
Berikut adalah tahapan-tahapan agar Apache 2.2 anda dapat running seperti biasa:
Ada dua cara yaitu dengan merubah Port pada Sql dari 80 menjadi 8080 atau merubah Port pada Apache 2.2 dari 80 menjadi 8080.
Cara 1 (merubah Port pada Sql dari 80 menjadi 8080) :
1.    Matikan setting pada skype (jika install), dengan tahapan: buka skype >> tools >> connection setting >> uncheck “use port 80 or 443 as alternatives for incoming connections”.


2.    Open “Reporting Services Configuration Manager” >> pilih Web service URL kemudian rubah TCP Port dari 80 menjadi 8080 / bebas sesuai yang dikehendaki. (kenapa 8080? karena biasanya port ini untuk port alternatif) >> apply. Rubah juga TCP Port pada Report Manager URL dengan cara pilih advanced >> edit >> rubah TCP Port dari 80 menjadi 8080 >> ok lalu apply.

3.    Jalankan Xampp kemudian start aphace nya.. seharusnya udah bisa di running. Jika belum bisa refresh kemudian coba uncheck apachenya kemudian checklist lagi lalu start kembali…
Cara 2 (merubah Port pada Apache 2.2 dari 80 menjadi 8080) *dari Google* :
1.    Install notepad++ (kalo belom punya..)
2.    Cari file C:\xampp\apache\conf\httpd.conf (buka dengan notepad++)
3.    Cari di file tersebut (Ctrl+F) tulisan Listen 80, ganti jadi Listen 8080
4.    Cari juga (Ctrl+F) tulisan ServerName localhost:80, ganti jadi ServerName localhost:8080
5.    Save (ctrl+s)
6.    Selanjutnya cari file C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-ssl.conf (buka dengan notepad++)
7.    Lalu cari (Ctrl+F) Listen 443, ganti jadi Listen 4499
8.    Cari lagi tulisan (Ctrl+F) , ganti jadi
9.    cari tulisan (Ctrl+F) ServerName localhost:443, ganti jadi ServerName localhost:4499
10.    Save (ctrl+s)
11.    Jalankan Xampp kemudian start aphace nya.. seharusnya udah bisa di running. Jika belum bisa refresh kemudian coba uncheck apachenya kemudian checklist lagi lalu start kembali..
12.    lalu untuk akses localhost lewat browser jangan lupa di tambahkan port yang di ubah,
contoh, localhost:8080
tapi saran saya lebih baik menggunakan cara 1, karena saat mengakses localhost tidak perlu menambahkan port 8080 seperti “localhost:8080/xampp”. Cara 2 hanya sebagai alternatif (tidak disarankan kecuali bener2x gabisa diakses). Menurut saya hal itu terlalu rumit setiap mengakses localhost…

0 comments:

Post a Comment